Minggu, 31 Oktober 2010

Siapa Memangsa Siapa

Pernah mendengar tentang Hukum Rimba?
Hukum yang berlaku di tengah hutan itu memang diperuntukkan bagi binatang-binatang penghuni rimba. Dalam hukum rimba hanya ada dua pilihan : makan atau dimakan, membunuh atau dibunuh, dan mati atau bertahan hidup.

Dalam satu perjalanan di tengah belantara, saya menemukan pemandangan seperti ini. Seekor bunglon (Bronchocela jubata) dan seekor ular hijau (Gonisoma oxycephala) saling menggigit. Sang bunglon menggigit leher ular, sementara sang ular menggigit kaki bunglon.


Adegan itu saya tinggalkan untuk meneruskan perjalanan. Apalagi selama ditunggui hampir seperempat jam, kedua hewan tadi nyaris tidak bergerak sama sekali. Setengah jam kemudian, saya kembali melewati jalur yang sama, dan pemandangan sudah berubah : sang ular menyantap sang bunglon!


Kemungkinan besar ularnya yang memangsa bunglon lebih dulu. Tapi bunglonnya tidak kalah gesit. Waktu disergap, bunglon sempat berkelit sehingga cuma kena kakinya. Secara refleks, bunglon balas menggigit, tapi hanya kena leher ular karena bagian itulah yang terdekat.
Sementara itu, bisa ular meresap ke badan bunglon. Perlahan tapi pasti, bisa ular menyebar dalam tubuh bunglon. Dan akhirnya, hap, ganti ular memangsa sang bunglon.


Begitulah, kira-kira....

2 komentar:

  1. kamu memang nggak pernah berubah.... selalu bermain dengan semut sampai gajah... oke, semoga taman firdaus terakhirmu tidak pernah hilang...

    BalasHapus
  2. thanks atas komentnya. sampaikan salam saya buat slamet soeseno. sudah lihat blog yang lainnya?
    http://namasayabondan.blogspot.com/

    BalasHapus