Selasa, 25 Oktober 2011

Jembatan Kahayan, Ikon Palangka Raya



 Ada rencana berjalan-jalan ke kota Palangka Raya?

Kalau ada, sempatkan melihat Jembatan Kahayan. Itulah jembatan yang melintasi Sungai Kahayan di Kota Palangkaraya. Jembatan sepanjang 640 meter dengan lebar 9 meter itu sudah menjadi ikon Palangka Raya. Dari panjang enam ratusan meter itu, 150 meter berada persis di atas jalur pelayaran sungai.
Jembatan ini dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada tahun 2001. Diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 13 Januari 2002, Jembatan Kahayan menghubungkan Palangkaraya dengan dengan Kabupaten Barito Selatan dan tembus ke Kabupaten Barito Utara


Selain sebagai sarana penghubung transportasi, Jembatan Kahayan juga jadi ajang kumpul-kumpul para remaja di sana. Hampir setiap sabtu dan minggu sore – jika cuaca cerah – puluhan remaja memarkir sepeda motornya dan duduk-duduk di sepanjang pembatas jembatan.



Tentunya menyenangkan sekali melihat polah remaja dengan berbagai tingkah dan gayanya. Jangan heran lho kalau busana dan hape mereka mengikuti trend. Meski jauh di Kalimantan sana, urusan mode dan gaya hidup tidak kalah dengan kota besar lainnya. Kalau sedang beruntung, kita juga bisa melihat atlit-atlit dayung berlatih di tepian sungai. Atau melihat nelayan setempat mencari ikan. Panorama kota pada saat senja juga menjadi sajian menarik lainnya.

Jadi, kapan jalan-jalan ke Palangka Raya? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar